Sabtu, 18 September 2010

Apakah Allah Hanya Mengerti Bahasa Arab ???


Seperti diketahui bersama perihal Alquran yang tersusun dalam bentuk bahasa Arab, membuat para pemeluk umat Anti Kebenaran sering kali melontarkan pertanyaan terkait yang sifatnya menyerang dan mencoba menjatuhkan.

Semisal rasa penasaran mereka diantaranya :

Mengapa harus bahasa Arab ???
Apakah Allah hanya mengerti bahasa Arab ???


Perlu di ingatkan kembali, untuk mencari jawaban dari setiap rasa keingintahuan mengenai isi ayat-ayat Alquran ITU haruslah di dahului dengan niat tulus. Bagaimana mungkin bisa mereka mendapatkan kabar baik jika awalnya saja sudah berprasangka buruk ? Apakah mereka tidak mau memperhatikan dan berpikir ?

Surat 38/29 :
"Inilah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran (bagi) orang-orang yang mempunyai pikiran."

Mereka sebenarnya memiliki pikiran, hanya saja  kedengkian tak beralasan membuat hati mereka menjadi gelap padam. Parahnya, mereka hobi sekali menutup-nutupi kebenaran dengan kata-kata indah menipu bak Salesman palsu yang berteriak menyerukan barang dagangannya.

Walaupun Alquran benar tersusun atas bahasa Arab, itu bukanlah artinya Allah hanya mampu "berkomunikasi" dalam bahasa itu saja. Tidak demikian. Seharusnya mereka mempelajari dahulu dan mencari tahu dengan sungguh ada apa di balik misteri bahasa Arab. Selain memang nabi Muhammad hidup di tanah Arab, akan tetapi lihatlah juga KANDUNGAN TERDALAM dari makna surat 26/198-199 dan surat 41/44.

Jadi, disini kita tidak akan mengurai analisa dari pertanyaan : "Mengapa harus berbahasa Arab???".

TAPI yang akan sedikit saja kita telusuri adalah pertanyaan : "Apakah Allah hanya mengerti bahasa Arab???"

Sederhana saja, sesungguhnya Allah-lah yang menciptakan manusia menjadi berbangsa-bangsa hingga menjadikannya mereka berlainan bahasa. Jelas, itu menandakan betapa Dia pastinya sangatlah mengerti seluruh bahasa yang ada.

Surat 49/13 :
"Hai (sekalian) manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal..."

Satu ayat di atas sebenarnya sudah sangat cukup menjelaskan. Bagaimana mungkin Allah tidak mengerti bahasa selain bahasa Arab, sungguh Dia-lah yang telah menjadikan ini semua. Bahkan akhirnya Allah Yang Maha Adil pun mengutus para Rasul di setiap bangsa di dunia sebagai bentuk kasih sayangNya kepada manusia agar semoga senantiasa ingat.

Surat 14/4 :
"Kami tidak mengutus seorang Rasul kecuali dengan bahasa lidah mereka sendiri, supaya ia dapat memberi penjelasan terang kepada mereka..."

Itulah Allah. Tuhanmu yang mengerti segala bahasa.

"Dan diantara ayat-ayatNya ialah menciptakan langit dan bumi, dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang-orang berilmu."

(QS. Ar Ruum (30) : 22)

--------------------------------------------------------------------

Tulisan Terbaru : Ini "Jesus" Atau "Ahmad" ???
Ditulis oleh : Juns Aktif
Kategori : Allah

1 Komentar Terpilih dari 13 Komentar :