Minggu, 06 Juni 2010

Ayat-Ayat Malaikat



Salah satu susunan keimanan yang harus kita tanamkan kuat-kuat adalah iman kepada Malaikat. Yaitu para "tentara" Allah yang tercipta dari cahaya.


Di catatan yang lalu kita pernah bahas mengenai kecepatan yang di miliki Malaikat. Silahkan baca artikelnya di sini

Sekarang, sebagai tambahan mengenai seluk beluk "kehidupan" Malaikat ada baiknya kita cantumkan ayat-ayat suci Alquran yang isinya terkait tentang Malaikat.

1. Malaikat adalah mahluk yang tidak pernah mendurhakai Allah.

Surat 66/6 :
"...penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras,  yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka  dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

Itulah Malaikat mahluk yang memang tercipta untuk selalu menyembahNya. Mereka memiliki akal, tetapi mereka tidak memiliki nafsu. Sehingga apabila Allah memberikan sesuatu perintah, maka para Malaikat akan selalu patuh dan tidak akan mungkin membantah. Karena membantah itu muncul dari adanya unsur nafsu.

2. Mereka selalu bertasbih memuji Allah. 

Surat 21/19-20 :
"...malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada punya rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. mereka selalu bertasbih siang dan malam  tiada henti-hentinya."

Tampak jelas bahwa Malaikat dinyatakan tiada rasa angkuh/sombong dalam menyembah Allah. Sebuah isyarat penting walaupun mereka tercipta sebagai mahluk yang tidak memiliki nafsu untuk membantah, tetapi yang harus kita tangkap pesannya adalah JIKA malaikat yang kedudukannya masih di bawah kita dimana mereka di perintahkan sujud hormat kepada manusia saja masih menyembah Allah, apa lagi kita yang disebut sebagai Mahluk Paling Sempurna. Apakah kita sudah menyembah Allah dengan cara yang lebih hebat dari cara Malaikat dalam menyembah Allah???

3. Malaikat itu berjumlah sangat banyak sekali.

Surat 53/26 :
"Dan berapa banyaknya malaikat di langit, syafaat mereka (permohonan para Malaikat agar Allah mengampuni manusia)  sedikitpun tidak berguna kecuali sesudah Allah mengizinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridhai- (Nya)"

Betapa Allah adalah pemegang kekuasaan penuh terhadap manusia. Meskipun Malaikat adalah mahluk yang senantiasa menyembahNya, itu bukan berarti mereka dapat berdoa kepada Allah untuk sekiranya mengampuni manusia. Karena yang menjadi penentu bagi nasib manusia adalah ya amal baik manusia itu sendiri. Tidak bisa mengandalkan dari doa seseorang lainnya.

4. Malaikat itu memiliki tugas-tugas tertentu.

Surat 37/164 :
"Tiada seorangpun di antara kami (malaikat) melainkan mempunyai kedudukan-kedudukan yang tertentu"

5. Malaikat memiliki sayap. Ada yang 2, 3, 4. Allah Maha Kuasa.

Surat 35/1 :

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

6. Malaikat tidak mengetahui hal-hal gaib, kecuali jika Allah memberitahukan kepada mereka.

Surat 2/32 :
"Mereka (Malaikat) menjawab:" Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

7. Malaikat memiliki seorang Pemimpin, yaitu Jibril.

Surat 81/19-21 :
"Sesungguhnya Alquran itu firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril). Yang mempunyai kekuatan, yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai Arsy. Yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya."

Ditulis oleh : Juns Aktif
Kategori : Allah

1 Komentar Terpilih dari 15 Komentar :